Fitur Smartphone Android yang Tak Dimiliki iOS

Perdebatan mana yang unggul antara Android dan iOS seperti tak ada ujungnya. Masing-masing dari penggemar Android menganggap Android lebih jawara, sementara pengguna iOS mengaku Android tak sehebat iOS. Ini seru sekaligus membingungkan bagi yang sedang mencari referensi mana yang bagus antara Android dan iOS. Padahal ternyata, ada fitur smartphone Android yang tidak dimiliki iOS lho. 

Pada dasarnya, mana yang lebih hebat sebenarnya tak perlu diperdebatkan terus-menerus. Antara Android maupun iOS punya keunggulan masing-masing, dan mana yang lebih cocok dengan kebutuhan pribadi, itu sebenarnya yang perlu dipertimbangkan ketika hendak memiliki salah satu dari antara keduanya.

Fitur Smartphone Android yang Tak Dimiliki iOS

iOS dan Android masing-masing memiliki kelebihan maupun kekurangan, terutama dari sisi operating system dan fitur yang dimiliki. Di sisi lain, mungkin juga ada fitur-fitur yang sebenarnya unggul di Android, tetapi tidak dimiliki iOS. Nah, berikut ini beberapa fitur smartphone Android yang tak ditemui di iOS.

  • Pengaturan Notifikasi yang Lebih Baik

Pengguna iOS kerap mengeluhkan notifikasinya yang kurang rapi, sehingga mereka kerap meminta supaya pihak iOS memperbaiki kontrol notifikasi tingkat lanjutnya. Saat ini, tampilan notifikasi iOS berupa aplikasi secara parsial atau terpisah-pisah. Gara-gara notifikasi yang terpisah-pisah itulah tampilan dari notifikasi jadi tampak penuh.

Pengguna Android, terutama mulai Nougat 7.0 sudah tak mengalami notifikasi yang berjejalan itu. Android membuat notifikasi menjadi satu bagian bila beberapa notifikasinya berasal dari aplikasi yang serupa. Jadi kalau pengguna ingin mengetahui sumber notifikasi, cukup menggeser ke arah bawah saja.

Pengguna Android juga bisa memilih untuk melihat notifikasi yang ingin dilihat atau yang tak ingin dilihat. Kalau tak ingin melihatnya, pengguna tinggal menggeser notifikasinya untuk ditolak. Kalau menggunakan iOS tak bisa melakukan hal demikian karena butuh beberapa proses sebelum notifikasi yang tak ingin dibaca tadi dihapus dari layar.

  • Kemampuan Perekaman Telepon Internal

Baik menggunakan Android maupun iOS, kamu pada dasarnya tetap bisa merekam pembicaraan di telepon. Nah buat pengguna Android, kamu bisa meminta bantuan pada pihak ketiga untuk merekam pembicaraan di telepon. Namun nasib pengguna iOS boleh dibilang tak seberuntung pengguna Android soal ini. Kalau ingin melakukan perekaman, pengguna iOS perlu membayar terlebih dahulu untuk tiap rekaman yang dilakukan.

  • Pengaturan Aplikasi Default

Ini salah satu nilai tambah Android dibanding iOS. Android punya pengaturan aplikasi default untuk menulis dan membuka SMS, membuat panggilan kamera, itu dia keunggulannya. Pengguna iOS sudah ‘berteriak’ meminta Apple untuk mewujudkan fitur serupa.

Nah, karena punya kemampuan seperti itu, pengguna smartphone Android bisa mengatur aplikasi third party atau pihak ketiga untuk menjalankan tugas dari aplikasi bawaan. Konsekuensinya memang harus mendapatkan iklan mengingat aplikasi pihak ketiga itu gratis.

  • Modus Multi-pengguna

Mulai dari Android 5.0 (Lollipop), Google memberi pilihan pada pengguna untuk bisa menambah akun lain di satu smartphone yang sama. Berkat fitur ini, pengguna jadi bisa membatasi akses bila ada orang lain yang ingin memakai gadget miliknya.

Nanti tiap data dari akun yang ada di tiap perangkat akan dibuat terpisah. Dampaknya pengguna jadi tak perlu khawatir saat ada akun lain yang menggunakan perangkatnya. Nah, ini yang belum ada di iOS. Hingga saat ini belum muncul desas-desus yang mengarah kalau Apple akan menggunakan fitur yang sama untuk iOS.

Sebagai catatan, bukan berarti selamanya iOS tetap tak memiliki fitur milik Android tadi. Masih ada kemungkinan iOS terus berbenah dengan memperbarui fitur-fiturnya dengan cara ‘meniru’ dan memperbaiki fitur yang dimiliki smartphone Android. Kalau menurutmu fitur apa yang harus didahulukan untuk dimiliki iOS?

Tinggalkan komentar